Tuesday, July 18, 2017

Lembaga Kemahasiswaan?

Semua mahasiswa tentu tidak asing dengan yang namanya Lembaga Kemahasiswaan (LK).

Tapi, yang belum tahu, LK itu kurang lebih sama seperti OSIS di SMA ataupun organisasi-organisasi lainnya namun dengan ruang lingkup yang lebih besar, yaitu universitas ataupun fakultas.

Saat ini aku duduk di akhir tahun menjelang angkatan akhir, dan di tahun ketiga inilah aku nyemplung ke LK. Meski saat ini periode ku telah berada di ujung tanduk, namun inilah saat yang aku tunggu-tunggu, dimana tidak ada lagi rapat dan segala kesibukannya.

Puji Tuhan, di LK aku diberi tanggung jawab sebagai bendahara I Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) dimana yang pada awalnya tidak punya ketertarikan sedikitpun untuk join organisasi ini.

Di universitasku sendiri, SMF berdiri sebagai pengeksekusi semua kegiatan fakultas yang telah berjalan di tahun-tahun sebelumnya. SMF lah yang bertugas untuk memastikan semua kegiatan berjalan dengan baik dan lancar, dan sesuai dengan segala yang telah direncanakan di awal periode.

Singkat cerita, aku mendaftar SMF dan diminta untuk menjadi bendahara I. Bendahara di SMF kurang lebih bertugas untuk membagi dana untuk semua kegiatan, juga memeriksa dan memastikan proposal dan Laporan Pertanggung Jawaban selesai dan semua kegiatan mendapatkan dana yang seharusnya.

Meskipun beberapa kali dipercayakan sebagai bendahara event ataupun Kelompok Bakat Minat (KBM), namun ternyata menjadi bendahara SMF itu sangat jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Terlalu banyak masalah yang membingungkan dan mematikan.

Bukan hanya masalah dari bendahara saja, mengikuti rapat dari pagi sampai pagi, rapat mendadak, semuanya sudah termasuk menjadi 1 paket yang harus dilakukan ketika terjun ke LK. Bertemu dengan orang-orang baru, bekerja sama dengan orang temperamen, kecurigaan sana sini bukanlah hal yang asing ditemukan di dalam LK.

Namun, dari sekian banyak masalah yang ada, banyak hal baik yang bisa didapatkan dari LK. Belajar bekerja sama dengan semua orang, belajar berbicara di depan banyak orang, berpikir cepat dan kritis, itu semua yang aku pelajari selama menjadi bagian dari LK.

Yang awalnya hanyalah orang asing, menjadi orang sedekat keluarga, adalah yang terpenting yang kutemukan di dalam LK.

Nyemplung di LK ternyata seru juga.


Cheers, 
Felhielhie
Share:

0 comments:

Post a Comment